Membuka Gerbang Awal Silaturahmi, Pendidikan Bahasa Indonesia Mengadakan PKKMB Jurusan

Posted on

Dalam rangka mengenalkan kehidupan kampus dan sebagai bentuk penyambutan untuk mahasiswa baru, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia tahun 2022, menyelenggarakan PKKMB Jurusan di Ruang Rapat 02 Gedung A Kampus C FKIP Untirta pada hari Sabtu, 20 Augustus 2022 yang saat itu dilaksanakan serentak oleh seluruh jurusan di FKIP Untirta.

Acara dimulai pukul 07.30 WIB. Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia (HMJ PBI) turut andil menjadi panitia dalam kegiatan ini. Dengan dibuka oleh Ubaedillah sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, sebanyak 108 mahasiswa yang hadir nampak bersemangat hari itu. Dalam pembukaannya, Ubaedillah memberikan pesan kepada mahasiswa baru.

 

“Mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan PKKMB jurusan ini sebagai bekal awal dalam proses adaptasi di lingkungan perguruan tinggi, dalam kegiatan ini juga setidaknya teman-teman dapat mengenal teman angkatan satu sama lain”, ujar Ubaedillah.

Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia telah menerima mahasiswa baru jalur SNMPTN sebanyak 26 orang, jalur SBMPTN 50 orang, dan jalur SMMPTN 32 orang. Mahasiswa baru tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka menikmati acara demi acara yang berlangsung.

Acara pada PKKMB jurusan tersebut, diisi dengan pemberian materi-materi yang dibutuhkan untuk bekal mahasiswa baru dalam menjalankan perkuliahan nantinya. Adapun materi tersebut terdiri dari 3 materi.

Sesi materi yang pertama dibuka dengan materi Pengenalan jurusan dan dosen Pendidikan Bahasa Indonesia yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Farid Ibnu Wahid, M. Pd. Materi yang kedua yaitu Pengoprasian SPADA dan SIAKAD disampaikan oleh Ade Anggraini Kartika Devi, M. Pd. Serta materi terakhir yaitu Hak dan Kewajiban Mahasiswa serta Prospek Kerja jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia disampaikan oleh Erwin Salpa Riansi, M. Pd. Ketiga sesi penyampaian materi tersebut disambut antusias para mahasiswa baru.

Kegiatan PKKMB yang terasa hangat pun usai pukul 14.45 WIB. Kegiatan ini menjadi gerbang pembuka silaturahmi antarmahasiswa serta dosen di jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai keluarga baru.