Capaian Pembelajaran

Posted on
  1. Sikap dan Tata Nilai
CP-ST1 Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. (Value JAWARA: religius)
CP-ST2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
CP-ST3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
CP-ST4 Berperan sebagai warga negara yangbangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
CP-ST5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat ,atau temuan orisinal orang lain;
CP-ST6 Kerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
CP-ST7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (Value JAWARA: jujur);
CP-ST8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (Value JAWARA: wibawa);
CP-ST9 Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
CP-ST10 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri (Value JAWARA: amanah); dan
CP-ST11 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. (Value JAWARA: akuntabel)

 

  1. Kemampuan di Bidang Ilmu Pengetahuan
CP-KI1 Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra;
CP-KI2 Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan;
CP-KI3 Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra; dan
CP-KI4 Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.

 

  1. Kemampuan di Bidang Pekerjaan (Keterampilan Khusus)
CP-KP1 Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah;
CP-KP2 Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis;
CP-KP3 Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
CP-KP4 Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi; dan
CP-KP5 Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya

 

 

  1. Kemampuan Umum

 

CP-KM1 Merekonstruksi kurikulum secara berkala yang didahului oleh analisis kebutuhan, pelacakan lulusan, dan kepuasan pengguna lulusan program studi;
CP-KM2 merancang program kerja tahunan yang mengacu pada visi dan misi program studi dan perguruan tiinggi; dan
CP-KM3 Merancang perencanaan pembelajaran setiap semester.
CP-KM4 Menyelenggarakan program pembelajaran sesuai standar isi, standar proses, dan standar penilaian; yang telah diatur dalam ketentuan pemerintah dan yang disusun Asosiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (APROBSI);